• 0821 1211 5756
  • office@badanwakafassyifa.org
  • Subang, Jawa Barat, Indonesia
Edukasi Wakaf
Keutamaan Bulan Muharram

Keutamaan Bulan Muharram

Muharram (مُحَرَّمٌ) berasal dari kata yang artinya ‘diharamkan’ atau ‘dipantang’, yaitu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan hijriyah.

Pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri No 236, 1 dan 2 tahun 2024 tercantum bahwa pada 1 Muharram 1446 H atau 7 Juli 2024. Hari itu akan menjadi libur nasional masyarakat Indonesia.

Sahabat, bulan Muharram dimaknai oleh kita sebagai umat muslim sebagai Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah. Karena berkaitan dengan perstiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi, Muharram menjadi bulan pertama pada penanggalan atau kalender hijriyah dan menjadi salah satu bulan mulia seperti halnya Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Rajab. Maka, karena keterkaitan dengan hijrah nabi ini, menjadi awal mula ditetapkannya 1 Muharram.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 36 mengenai kemuliaan bulan Muharram ini.

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Janganlah kamu menganiaya dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa,” (QS. At-Taubah: 36).

Keutamaan Bulan Muharram

Bulan Muharam menjadi bulan yang penuh keistimewaan dan mukjizat bagi umat Islam yang memohon ampun kepada Allah SWT. Terdapat beberapa keutamaan bulan Muharam, diantaranya:

  1. Menghapus dosa setahun lalu

Puasa sunnah di bulan Muharam sangat dianjurkan, sebagaimana Nabi Muhammad SAW. bersabda, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa bulan Muharam dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam,” (HR Muslim).

Berdasarkan hadits di atas, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak puasa pada bulan mulia ini, terutama pada hari ke-10 yang disebut dengan puasa Asyura. Puasa di hari Asyura dapat menghapus dosa satu tahun yang lalu.

 

Diriwayatkan Abu Qatadah RA, Rasulullah SAW. pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab, “Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat,” (H.R. Muslim).

 

Selain puasa 10 Muharam, umat Islam juga dianjurkan berpuasa pada tanggal 9 Muharam (puasa tasu’a) dan 11 Muharam. Inilah yang membedakan umat Islam dengan umat Yahudi, yang mana mereka hanya berpuasa di hari Asyura.

 

  1. Dilapangkannya rezeki bagi yang menafkahi keluarga

Momentum ini dapat dimanfaatkan bagi para kaum muslimin yang memberi kelapangan untuk keluarganya di hari Asyura, maka insya Allah rezekinya akan dilapangkan oleh Allah SWT. Di samping itu, umat Islam juga dianjurkan untuk bersilaturahmi, menjenguk orang sakit, mengusap kepala anak yatim, bersedekah, memotong kuku, memakai celak dan melakukan berbagai amalan baik lainnya di tanggal 10 Muharam.

  1. Bulan terjadinya peristiwa-peristiwa agung

Bulan Muharram dianggap mulia terutama pada hari Asyura dikarenakan banyak peristiwa agung bagi para nabi yang terjadi pada bulan tersebut. Beberapa di antaranya ialah:

  1. Diterimanya taubat Nabi Adam as setelah sebelumnya dikeluarkan dari surga
  2. Diselamatkannya Nabi Nuh as dan kaumnya dari kapal setelah banjir bandang
  3. Diselamatkannya Nabi Ibrahim as dari Raja Namrud yang membakar tubuhnya
  4. Dibelahnya laut merah untuk Nabi Musa as dan Bani Israil, serta ditenggelamkannya raja Fir’aun dalam lautan
  5. Dikeluarkannya Nabi Yunus as dari perut ikan nun (ikan paus yang sangat besar)
  6. Disembuhkannya Nabi Ayyub as atas penyakitnya yang menjijikan
  7. Diampuninya Nabi Muhammad SAW dari kesalahan yang telah lewat dan yang akan datang.

Dari kisah-kisah agung para nabi yang terjadi di bulan Muharam tersebut, dapat disimpulkan bahwa Allah Maha Penolong dan Yang Maha Melindungi. Tidak hanya menolong hamba-Nya, namun Allah juga akan memberikan ampunan yang luas dan melipatgandakan pahala bagi yang taat kepada-Nya, terutama di bulan Muharam yang mulia.

Sahabat Peduli, mari kita sambut bulan Muharram yang penuh kemuliaan ini dengan amalan-amalan kebaikan yang mendatangkan manfaat untuk orang lain dan semata-mata hanya untuk menghatap ridho-Nya, salah satunya dengan bersedekah.

Sahabat dapat menunaikan sedekah Muharram melalui Assyifa Peduli di aksipeduli.id. Kebaikan kecil yang kita ulurkan, nyatanya banyak saudara kita yang membutuhkannya.