• 0821 1211 5756
  • office@badanwakafassyifa.org
  • Subang, Jawa Barat, Indonesia
Edukasi Wakaf
Wakaf Untuk Orang Tua

Wakaf Untuk Orang Tua

Tahukah Sahabat, berwakaf atas nama orang lain itu diperbolehkan? Apalagi jika wakaf itu atas nama orang tua.

Tertulis di dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa anak harus berbuat baik kepada orang tuanya. Penjelasan itu tertulis pada Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 23:

وَقَضَى رَبُّكَ اَلاَّ تَغبُدُوا اِلآّ اِيَّاهُ وَبِالوَ الِدَينِ اِحسَنًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik baiknya.”

 Sahabat, perintah ini langsung turun dari Allah SWT. Dalam ayat tersebut menjelaskan dan memerintahkan untuk berbuat baik pada orang tua. Maka tidak ada lagi alasan untuk menanyakan, “Harus berbuat baik apa lagi kepada orang tua?”

Pasti Sahabat sudah sangat paham untuk hal itu.

Bagaimana jika ada pertanyaan, “Apa boleh berbuat baik, atau berwakaf untuk orang tua, tetapi orang tuanya sudah meninggal dunia?

Jawabannya tentu saja boleh, dalam satu riwayat menjelaskan bahwasannya Rasulullah SAW memperbolehkan seseorang yang akan berwakaf untuk orang tuanya sekalipun telah meninggal dunia.

“Wahai Rasulullah, ibuku meninggal dan ketika itu aku tidak hadir. Apakah dia mendapat aliran pahala jika aku bersedekah harta atas nama beliau?” kemudian Rasulullah menjawab, “Ya”. ( HR. Bukhori)

Begitu juga dalam cerita Sa’ad bih Ubadah, sebagai salah satu sahabat Rasulullah SAW. Saat ibunya meninggal dunia dan dirinya tidak berada di tempat, kemudia mendatangi Rasulullah.

Sa’ad bertanya: “ Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal sedang saya tidak ada di tempat, apakah jika saya bersedekah untuknya bermanfaat baginya?” Llalu Rasulullah menjawab:  “Ya.” Sa’ad berkata: “Saksikanlah bahwa kebunku yang banyak buahnya aku sedekahkan untuknya.” (HR. Bukhori)

Dari cerita sahabat nabi ini Sa’ad bin Ubadah menjadi dasar bahwa wakaf adalah sedekah jariyah yang bisa dihadiahkan untuk seseorang, termasuk orang tua, walaupun orang tersebut sudah meninggal dunia.

Sabahat, mari persembahkan hadiah terbaik untuk orang tua yang dengan tulus telah merawat dan membesarkan kita dengan menunaikan wakaf atas nama mereka melalui Badan Wakaf Assyifa. Insyaa Allah pahala jariyah tidak akan mengalir hanya untuk orang tua namun juga untuk kita. Selain itu, manfaat wakaf yang kita tunaikkan juga akan dirasakan oleh mereka yang penerima pilihan Allah.

Bagikan