• 0821 1211 5756
  • office@badanwakafassyifa.org
  • Subang, Jawa Barat, Indonesia
Edukasi Wakaf
Menu Makanan Khas Ramadhan

Menu Makanan Khas Ramadhan

Datangnya bulan suci Ramadhan tampak identik dengan menu makanan yang khas bercita rasa manis yang menyegarkan. Terutama di Indonesia, negeri yang dikenal kaya akan kuliner lezat serta tak jarang kuliner pada saat Ramadhan menjadi salah satu menu yang dirindukan.

Telebih lagi bulan suci Ramadhan akan selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia. Sehingga tidak hanya fokus meningkatkan amal ibadahnya, umat Islam pun menyambutnya dengan beragam tradisi dengan menyiapkan berbagai kuliner lezat.

Begitu pun di Indonesa yang tentunya memiliki menu makanan khas saat bulan Ramadhan, yang di antaranya yakni:

  1. Kurma

Di berbagai belahan dunia pun kurma selalu menjadi incaran sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Selain itu, Rasulullah saw telah menganjurkan untuk mengawali buka puasa dengan memakan tiga butir kurma. Sebagaimana dengan sabda beliau, yang artinya: “Biasanya Rasulullah saw berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air.” (HR Abu Daud)

 

Alasan ini pun semakin diperjelas dalam kitab Kifayatul Akhyar yang menyatakan: “Dianjurkan berbuka dengan kurma atau jika tidak ada maka dengan air. Berdasarkan hadis ini, karena yang manis-manis itu menguatkan tubuh dan air itu membersihkan tubuh. Ar Rauyani berkata: ‘kalau tidak ada kurma maka dengan yang manis-manis. Karena puasa itu melemahkan pandangan dan kurma itu menguatkannya dan yang manis-manis itu semakna dengan kurma.” (Kifayatul Akhyar)

  1. Es Campur

Tidak dapat dipungkiri es campur yang memiliki cita rasa manis serta menyegarkan terasa cocok untuk menjadi menu berbuka puasa. Sehingga tak jarang, es campur menjadi menu favorit yang sering diburu. Komposisinya yang sederhana berupa campuran dari cendol, cincau, kolang-kaling, susu, sirup serta es menjadikan es campur terasa lebih nikmat jika dihidangkan saat berbuka puasa.

  1. Es Buah

Selain es campur ada pula es buah yang tak kalah untuk menjadi menu makanan favorit untuk berbuka. Es buah yang di dalamnya terdapat berbagai buah-buahan segar seperti buah naga, alpukat, mangga, pepaya, stroberi, anggur, bahkan rumput laut. Kemudian disatu padukan dengan susu dan sirup menjadikan es buah begitu nikmat untuk disantap saat berbuka.

  1. Bubur Kampiun

Bubur kampiun merupakan menu makanan khas Minang yang sering dijumpai saat bulan Ramadhan. Bubur ini saling berpadu dengan kelezatan bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur candil serta kolak pisang tentunya membuat bubur kampiun dapat menjadi menu makanan dengan paket lengkap.

  1. Bongko Kopyor

Selanjutnya ada bongko kopyor yang tak kalah menjadi menu makanan favorit untuk berbuka puasa dan begitu mudah dijumpai saat bulan Ramadhan. Bongko kopyor merupakan salah satu takjil khas Gresik. Teksturnya yang lembut dengan cita rasa manis serta gurih, bongko kopyor ini kerap diburu masyarakat.

  1. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan hidangan populer di Indonesia. Cara membuatnya yang mudah meski terdapat banyak campuran bumbu rempah serta bahan lainnya, menjadikan nasi liwet tetap digemari masyarakat. Terlebih saat bulan suci Ramadhan yang di mana nasi liwet selalu menjadi santapan lezat yang dapat memulihkan tenaga setelah seharian menahan lapar. Meski di setiap daerah nasi liwet memiliki cita rasa tersendiri. Contohnya saja nasi liwet khas Sunda yang tentu akan memiliki cita rasa yang berbeda dengan nasi liwet khas daerah Solo.

Sahabat, demikian menu makanan khas saat Ramadhan yang cocok menjadi item buka puasa. Tampaknya begitu nikmat, bukan?

Oleh sebab itu, Badan Wakaf Assyifa turut hadir untuk menjadi wadah kebaikan yang kemudian menebarkannya kepada yang membutuhkan. Sahabat, yuk berkontribusi untuk mewujudkan pangan seimbang bagi saudara-saudara kita di luar sana dengan klik link di bawah ini.

https://bit.ly/tanahlumbung

Bagikan