• 0821 1211 5756
  • office@badanwakafassyifa.org
  • Subang, Jawa Barat, Indonesia

Pahala Orang yang Memberikan Fasilitas untuk Para Penghafal Al-Qur’an

Sahabat, Seorang Hafidz atau Penghafal Al-Quran 30 juz bisa menyelematkan 10 anggota keluarganya dari siksaan api neraka di akhirat kelak. Mulianya seseorang itu tergantung bagaimana ia memuliakan Al-Quran. Ada lebih dari 40 hadits nabi yang membahas soal Al-Quran, salah satunya menyebutkan membaca Al-Quran di dalam shalat lebih baik daripada di luar shalat. Kewajiban mengajarkan anak membaca Al-Quran ada pada orangtuanya dan Al-Quran bisa diajarkan kepada anak sejak masih dalam kandungan. Jika di suatu negeri ada anak yang mampu menghapal 30 juz Al-Quran, maka negeri itu akan diberkahi oleh Allah SWT, seperti halnya Mekkah, Madinah dan Palestina

Namun, selalu ada jalan saat anak maupun diri kita sendiri tidak atau belum bisa menjadi seorang hafidz. Jalan yang dapat kita tempuh untuk meraih keberkahan dari penghafal Al-Qur’an ini yaitu dengan memberikannya fasilitas selama ia berjuang membersamai dan menghafal ayat-ayat Allah ini.

Keutamaan sedekah telah tertuang dalam berbagai ayat Al-Quran dan hadits. Sedekah memang menjadi ibadah yang sangat dianjurkan karena memiliki berbagai keutamaan.

Sedekah ternyata juga merupakan bentuk kepedulian umat Islam kepada orang lain. Karena selain mendatangkan pahala, sedekah akan membuat orang yang menerima merasa terbantu.

Sahabat, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai keutamaan sedekah untuk penghafal Al-Quran. Mereka memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki semua orang, lantas bagaimana jika bersedekah untuk mereka?

 

Keutamaan Bersedekah untuk Penghafal AL-Qur’an

Penghafal Al-Quran begitu sangat diistimewakan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Oleh karenanya, keutamaan sedekah untuk penghafal Al-Quran sangat beragam, diantaranya:

  1. Penghafal Al-Quran telah Disejajarkan Dengan Para Nabi

Pada zaman Rasulullah sallallahu alaihi wasallam, kedudukan para penghafal Al-Qur’an diutamakan oleh beliau, salah satunya dalam memimpin delegasi.

“Barangsiapa yang membaca (menghafal) Alquran, maka sungguh dirinya telah menyamai derajat kenabian hanya saja tidak ada wahyu baginya (penghafal). Tidak pantas bagi penghafal Alqur’an bersama siapa saja yang ia dapati dan tidak melakukan kebodohan terhadap orang yang melakukan kebodohan (selektif dalam bergaul) sementara dalam dirinya terdapat firman Allah.” (HR Hakim)

  1. Penghafal Al-Quran Sebagai Keluarga AllahTa’ala

Keutamaan sedekah untuk penghafal Alquran berikutnya adalah karena mereka sudah dianggap seperti keluarga Allah. Para ahlul Quran merupakan keluarga Allah yang berada di bumi.

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

  1. Mendapat Derajat Lebih Tinggi di Surga

Derajat para penghafal Al-Quran lebih tinggi dari umat yang lain. Maka, bersedekah kepada mereka bisa mendatangkan rahmat Allah.

Rasulullah bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib quran: Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan AlQur’an di dunia sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

  1. Kemuliaan Al-Quran untuk Keluarganya

Tidak hanya untuk dirinya, anggota keluarga para penghafal Quran juga akan Allah muliakan. Hal ini tentu saja termasuk kepada orang-orang yang bersedekah.

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa dari Buraidah Al Aslami RA, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. Bersabda, “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Quran”. (HR. Al Hakim)

Sahabat, Badan Wakaf Assyifa telah membersamai para penghafal qur’an yang sedang berjuang maupun telah lulus. Alhamdulillah, banyak wakif yang telah memberikan kepercayaan melalui program-program kami. Sehingga, pada kesempatan ini kami mengajak pula Sahabat untuk bergabung menjadi bagian dari perjuangan para penghafal Al-Qur’an ini dengan berwakaf melalui http://gojariah.org