• 0821 1211 5756
  • office@badanwakafassyifa.org
  • Subang, Jawa Barat, Indonesia
Edukasi Wakaf
Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Menyambut Bulan Ramadhan

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Menyambut Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan dan disambut gembira oleh umat muslim, Ramadhan menjadi salah satu bulan pengampunan dosa dan pahala yang dilipatgandakan. Di bulan Ramadhan ini kita harus mempersiapkan diri dan meluruskan niat untuk beribadah hanya kepada Allah SWT.

Sahabat, menjelang bulan Ramadhan 1444 H mari kita persiapkan dan lakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Melunasi utang Puasa

Mengalami kondisi-kondisi tertentu seperti sakit, hamil, datang bulan yang membuat tidak berpuasa. Jika mengalami kondisi tersebut maka perlu untuk melakukan puasa Qadha atau membayar puasa untuk melunasi hutang-hutang puasa tersebut sebelum memasuki bulan suci ramadan.

  1. Melatih Diri

Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga menahan segala emosi, menahan pada perbuatan maksiat dan menahan diri untuk melakukan hal negatif. Hal tersebut dapat dilakukan dengan perlahan-lahan untuk menahan dan mengendalikan diri dari segala perbuatan-perbuatan negatif.

  1. Menyambung Tali Silaturahmi

Selain memperbaiki hubungan kepada Allah, seorang hamba yang beriman juga memperbaiki hubungannya sesama manusia, caranya dengan menyambung tali silaturahmi.

  1. Ziarah Kubur

Mengunjungi makam orang tua atau sanak saudara yang sudah meninggal dunia bisa jadi salah satu amalan menjelang Ramadhan. Bahkan ziarah kubur telah dianjurkan oleh Rasulullah Saw mengingat ada banyak sekali hikmah di dalamnya.

  1. Membersihkan rumah dan lingkungan

Selain membersihkan diri, dianjurkan pula membersihkan rumah dan lingkungan menjadi salah satu amalan yang dapat kita laksanakan menjelang bulan suci Ramadhan. Seperti tempat ibadah, pakaian, alat-alat dan lingkungan sekitar.

Sahabat sudahkan mempersiapkan hal-hal tersebut? kalo belum yuk segera laksanakan agar kita mendapatkan rahmat dengan bersukacita menyambut bulan yang penuh kemuliaan ini. Dan jangan lupa untuk berlomba-lomba dalam kebaikan yakni bisa melalui amalan wakaf bersama Badan Wakaf Assyifa.

Bagikan